Selasa, 27 Oktober 2009

Gitar Bekas Mamang (Arista Classic Guitar)

Gitar bekas Mamang kayaknya mah judulnya pas. Setelah ngobrol ngalor-ngidul ngomongin gitar yang punya orang, kayaknya kudu introspeksi diri nih, gimana kalau ngebahas soal gitar bersejarah milik penulis?. 


Yang pertama tentu saja adalah gitar Arista Akuitik klasik yang nyentrik. Kayaknya ini gitar yang paling jebot dan satu-satunya yang tersisa dari semua jajaran gitar dari mulai string, klasik, elektrik, sampai gitar plastik punya anakku tercinta. Arista Gitar buatan bapak Syafri Rasid (73) atau Abang Arista yang punya bengkel di Taman Cibeunying Selatan no. 37 Bandung, kalau engga salah bengkelnya di Batu Karut Banjaran udah pindah daerah Parakan Bolang Desa Arjasari, Banjaran. 

 Nah Gitar Bekas bermerk Arista ini adalah pemberian Babeh tercinta waktu saya masih SD dulu sekitar tahun 87-an tepatnya sih lupa lagi. Gitar Arista ciptaan bapak bapak Syafri Rasid (73) yang juga sempat berguru pada Bapak Husni Nasution (74) (Lutier gitar Genta) ini adalah gitar pertama. Teman berlatih, ngulik lagu, temen ngeband, sekaligus gitar terakhir yang masih tersisa dan setia menemani saya hingga kini. Gitar Arista ini udah lumayan jauh jalan-jalannya, do'i udah sampe ke Bogor Gede-Pangrango, Ciwidey dan sekitarnya, dan yang pasti melanglang sampai Jawa Timur nebeng kereta. Sempet juga nongkrong lama di studio musik dadakan punya sohib. Jadi jangan ditanya bentuknya sekarang, yang pasti sih udah full color, top archnya udah pecah-pecah, stop bridgenya udah ngangkat, stangnya udah penuh keringat wah ancur-ancuran pokoknya.



Gara-gara musim GNR dulu gitar ini sempet mau dicoak bodi bawahnya biar mirip Gibson Les Paulnya Slash, maklum dulu gandrung banget, dan gara-gara gitar ini juga mimpi jadi artis tenar engga kesampean hahaha, maklum ngulik pake gitar klasik bukanlah sesuatu yang bisa dipelajari dalam semalam. So hasil akhirnya adalah nyolong kunci dari pemain lead guitar. 


Sempet ditawar mau dituker sama Yamaha S700, cuman waktu itu masih sayang rasanya (rada kepikiran juga soalnya harga Yamaha S700 kalau sekarangnyampe1jt lebih hahaha). Sempet ilang tapi ketemu lagi, sempet juga disewa buat Les Gitar secara privat. Dan yang pasti kalau engga ada Gitar Arista ini kayaknya sampe sekarang saya engga bakalan pernah kenal sama yang namanya gitar, musik dan alat musik sebangsanya yang lain.



Kalau dihitung rasanya umur gitar ini sudah hampir 22tahun dan udah hampir jadi Bujang lapuk. Karena jam terbang dan umurnya yang bisa dibilang engga muda lagi, gitar ini sudah jarang sekali dibawa jalan-jalan. Apa lagi diajak nongkrong sambil minum kopi panas ditemani rokok kretek waktu ngeronda. Yah gitar ini rasanya udah masuk masa purnabakti. So sekarang do'i nangkring di tembok dalam wadah kanvas hitamnya, walau sekali-sekali masih dipake genjrang-genjreng buat bikin anakku cantik ketawa.




Artikel Terkait



0 comments: