Kamis, 05 November 2009

Gitar Untuk Pemula

Buat anak muda jaman sekarang rasanya kurang afdol kalo engga bisa maenin alat musik yang satu ini. Dijaman penyanyi dengan satu hit bisa kaya mendadak seperti jaman sekarang ini, gitar rasanya udah harus jadi alat musik wajib! (terutama yang buat yang hoby banget nongkrong bareng sohib-sohib didepan gang, atau buat yang usahnya cari duit dari maen gitar dari satu rumah kerumah lain).

Sebenernya gitar dibagi jadi beberapa macam tipe, berdasarkan bentuk, senar yang digunakan, dan konstruksi suaranya. Gitar Spanyol/Gitar klasik, Gitar Akuistik, Jazz, dan Gitar Listrik, terlepas nantinya dari kategori ini bakalan berkembang lagi jadi beberapa sub kategori, yang pastinya 4 tipe gitar itu-lah yang paling dominan ada dipasaran (kalau yang bersenar 6).

• Gitar Spanyol/Gitar klasik

Gitar Klasik yang memang aslinya dari daerah spanyol sana. Ciri utamanya sih sudah pasti menggunakan snar dari bahan Nylon. Dengan suara yang soft, dan body dengan ukuran sedang. Cocok buat permainan musik klasik, flamenko, atau lagu-lagu dengan nada latin. Gitar jenis ini biasanya cukup ringan dengan perpaduan kayu mahogany, rosewood (sonokeling buat didaerah Jawa) dan spruce untuk bagian depan, walau begitu beberapa gitar klasik tipe mewahnya menggunakan solid body (body gitarnya dibuat dari kayu utuh yang dilubangi) yang lumayan butuh perhatian khusus dan harganya selangit. Merk ternama dari Spanyol sana 'Alhambra' yang dibuat didaerah Valencia (tempat mangkalnya para musisi klasik dan flamengko), 'Cordoba' walau namanya 'Cordoba' tapi sebenernya dibuat di Valencia.

• Gitar Akuistik


Gitar Akuistik sebetulnya mengacu pada semua gitar yang bisa berbunyi tanpa bantuan Amplifier. Tapi biasanya Gitar Akuistik mengacu pada gitar dengan senar kawat dan memiliki ukuran body yang lebih besar dibanding dengan gitar klasik. Dengan nada suara yang lebih jernih dan nyaring dibanding gitar klasik. Yang terkenal tentu saja 'Martin & Co' (berdiri sejak 1833) gitar buatan Amerika yang tenar dengan tipe gitar Dreadnought-nya. Sebuah prestise tertinggi dikalangan gitar akuistik. Dan tentunya Gibson yang telah berdiri sejak tahun 1890-an, dan punya divisi gitar murah meriah yang diimport dari Jepang, Korea dan China yang pake nama label Epiphone (padahal dulunya Epiphone adalah musuh berat Gibson dan punya sejarah bikin gitar yang legendaris, sayang Epiphone bangkrut dan akhirnya dibeli Gibson).

• Jazz

Jazz gitar, sebenarnya sih adalah cikal bakal dari gitar listrik, dengan bentuk body yang besar, lubang suara seperti biola dengan trademark 'f' hole-nya. Dan biasanya mempunyai bentuk body yang cembung baik didepan maupun dibagian belakangnya. Banyaknya sih sekarang Jazz gitar sudah dilengkapi dengan pick-up.
Salah satu contoh yang lumayan tenar tentu saja Gibson ES355 yang dipake BB-King dan Eric Clapton waktu masih jaman di Yardbird dulu.

• Gitar Listrik

Gitar listrik punya body yang sangat bervariasi, dan biasanya dibuat dari sebongkah kayu, atau digabung dari beberap jenis kayu. Tentunya gitar listrik cuman bisa menyalak kalau di colok ke Amplifier. Tipe gitar ini punya beberapa jenis sambungan neck dengan body. Bolt-on dimana sambungan antara body dengan gitar disambung dengan bantuan skrup (biasanya tipe ini punya harga yang relatif terjangkau kecuali untuk beberapa tipe vintage) contoh tenarnya Fender Stratocaster. Set-neck sambungan body dengan neck gitar dilem kemudian dipres untuk mendapatkan gitar yang nyaris tanpa sambungan contoh paling gampangnya tentu saja Gibson Les-Paul. Neck-Thru body dan neck gitar dibuat dari sebuah kayu utuh, (dan biasanya tipe ini yang paling mahal) contoh pastinya Ricken Becker tipe 460.

Artikel Terkait



0 comments: