Kamis, 22 Oktober 2009

Gitar Bekas Eric Clapton 'Blackie'


Blackie, adalah sebuah Fender Stratocaster yang dirakit dari 3 buah Fender Stratocaster tahun 1956 dan 1957 oleh Eric Clapton. Eric Clapton membeli 6 buah Fender Stratocaster pada tahun 1970 dari toko musik Sho-Bud shop di Nashville, Tennessee. Blackie merupakan gitar utama untuk urusan manggung dan rekaman diantara jajaran gitar-gitar Eric Clapton dari tahun 1972-1987.


Pada Tahun 1985 Blackie dipensiunkan Clapton untuk keperluan Panggung setelah konser di Hartford karena ada masalah di necknya, Tapi masih digunakan untuk keperluan recording dan latihan dirumahnya yang megah di Inggris Raya. Pada tahun 2004 Blackie terjual dalam lelang penggalangan
dana untuk sebuah badan amal untuk rehabilitasi para pengguna narkoba yang diprakarsai oleh Eric Clapton, Crossroads Centre di Antigua.


Harga yang harus dibayarkan oleh Guitar Center, Inc.sebagai pemilik Blackie adalah $959,500 setelah bertarung selama 2 jam dengan para kolektor lainnya di balai lelang Christie. Pada awal penawaran Blackie dibandrol $100,000-150,000 sampai membengkak 9x lipatnya karena banyaknya penawaran yang dilakukan oleh para kolektor dari seluruh dunia yang gila-gilaan menawar.



Rasanya dengan harga segitu dan dana yang penulis miliki ditambah dengan nilai komersil dan sentimentil beberapa tahun ini gitar ini bisa berharga 3-4x lipatnya. Pada tahun 2006 replika Blackie sebanyak 275 buah yang dibuat oleh Fender Custom Shop habis terjual dalam hitungan jam! tapi kayaknya kalau masih replika sih rada-rada kurang nilai sentimentilnya walau harganya sih masih masuk hitungan puluhan atau ratusan ribu dollar tapi rasanya kok rada engga masuk akal. Bayangkan pada tahun 2006 orang-orang harus membayar $20.000 untuk sebuah gitar yang sama Abah Eric aja belum pernah dipegang nyaris hancur pula. Ckckck mending beli Squier Stratocaster warna item terus dipake 15 tahun buat bikin 150 lagu hits! Rasa-rasanya setelah 15 tahun bentuknya bakal sama.

Selain Blackie salah satu gitar Eric Clapton yang juga cukup kondang namanya dikalangan para kolektor adalah Brownie

Artikel Terkait



0 comments: